BAB 12
USAHA
KECIL DAN MENENGAH
4. Ekspor
Ekspor
adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara
lain. Proses ini seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil
sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional.
Strategi ekspor digunakan karena risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan
lebih mudah bila dibandingkan dengan strategi lainnya.
UKM di
Indonesia sangat diharapkan karena memang mempunyai potensi besar sebagai salah
satu sumber penting perkembangan (diversifikasi) dan pertumbuham X, khususnya X
manufaktur. Kemampuan UKM Indonesia untuk merealisasikan potensi X-nya
ditentukan oleh suatu kombinasi dari sejumlah faktor-faktor keunggulan relatif
yang dimiliki UKM Indonesia atas pesaing-pesaingnya, baik dari dalam usaha
besar (UB) maupun luar negeri.
JENIS-JENIS EKSPOR
A. Ekspor Langsung
Ekspor langsung adalah cara mejual barang atau jasa
melalui perantara yang bertempat di negara lain atau negara tujuan ekspor.
Penjualan dilakukan melalui distributor dan perwakilan penjualan perusahaan.
Keuntungannya, produksi terpusat di negara asal dan kontrol terhadap distribusi
lebih baik. Kelemahannya, biaya transportasi lebih tinggi untuk produk dalam
skala besar dan adanya hambatan perdagangan serta proteksionisme.
B. Ekspor Tidak Langsung
Ekspor tidak langsung adalah teknik dimana barang
dijual melalui perantara negara asal kemudian dijual oleh perantara tersebut.
Dengan menggunakan cara ini, eksporter memiliki kesempatan untuk.. Melalui,
perusahaan manajemen ekspor ( export management comapanies ) dan perusahaan
pengekspor ( export trading companies ). Kelebihannya, sumber daya produksi
terkonsentrasi dan tidak perlu menangani ekspor secara langsung. Kelemahannya,
kontrol terhadap distribusi kurang dan pengetahuan terhadap operasi di negara
lain kurang.
TAHAP-TAHAP EKSPOR
Dalam perencanaan ekspor, perlu dilakukan berbagai persiapan, berikut 4
langkah persiapannya:
A. Identifikasi pasar yang potensial
B. Penyesuaian antara kebutuhan pasar dengan kemampuan,
SWOT analisis
C. Melakukan Pertemuan, dengan eksportir,agen,dll
D. Alokasi sumber daya
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar