Sabtu, 08 November 2014

Tugas SoftSkill Pengantar Bisnis

MusiKita Pratama

Musik, siapa yang tidak mengenal dan mengetahui apa itu musik. Pada zaman yang semakin modern ini musik merupakan salah satu cara untuk meluapkan ekspresi atau bahkan emosi tiap umat manusia. Semua orang pasti menyukai dan menikmati musik. Tentunya dengan selara yang berbeda. Mulai dari anak-anak hingga orang yang sudah lanjut usia pasti menikmati musik. Melihat perkembangan musik di masyarakat, saya menjadi terinspirasi untuk terjun ke dunia yang penuh inspirasi ini dengan mendirikan suatu perusahaan rekaman. Dengan perusahaan yang akan saya beri nama MusikIndo Pratama. Perusahaan yang saya bangun ini tidak hanya menawarkan untuk rekaman saja, tetapi juga menawarkan kelas-kelas musik. Seperti halnya saya akan membuka beberapa kelas musik seperti kelas piano, vocal, gitar, dan drum. Diharapkan dengan saya membuka perusahaan yang bergerak di bidang musik ini saya dapat mempermudah setiap individu agar dapat menyalurkan hobby dan bakatnya dalam bidang musik agar saya dapat ‘melahirkan’ musisi yang profesional dan berkelas.

Visi:
Menjadi perusahan musik yang dikenal di dalam dan di luar negri.
Misi:
1.      Menciptakan musisi-musisi Indonesia yang berkelas dan profesional.

2.      Agar hidup setiap individu menjadi berwarna karena bisa menikmati musik yang sesuai seleranya.


STRUKTUR ORGANISASI
Penjelasan Tugas:
1.      Direktur
Tugas-tugasnya
a.      Menyusun program dan prosedur ynag dibuat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b.      Mengawasi dan mengarahkan semua kegiatan perusahaan secara keseluruhan.
2.      Manager Personalia dan Umum
Bertanggung jawab terhadap hal-hal kepegawaian berdasarkan atas peraturan-peraturan dan ketentuan perusahaan. Selain itu menangani juga:
a.      Menagggulangi keluhan dan keresahan karyawan.
b.      Menyeleksi, merekrut karyawan baru dan mempersiapkannya pada posisi yang sesuai dengan kemampuan dan keahliannya.
c.      Mengusahakan dan mempertahankan suasana gairah kerja yang baik.
d.      Mengadakan perbaikan lingkungan kerja dan mengadakan bimbingan kerja kepada karyawan.
3.      Manager Keuangan dan Akuntansi
Bertanggung jawab terhadap rumusan dan pelaksanaan kebutuhan keuangan perusahaan. Tugasnya:
a.      Mengatur pelaksanaan kebutuhan keuangan perusahaan.
b.      Menghitung dan menyelesaikan segala jenis pajak.
c.      Memeriksa laporan keuangan perusahaan.
Manager Keuangan dan Akintansi membawahi bagian-bagian:
a.      Bagian Akuntansi
1)     Mencatat semua transaksi yang terjadi.
2)     Membuat laporan yang diserahkan ke Manager Keuangan dan Akuntansi.
b.      Bagian Kasir
Kasir menangani pengeluaran dan penerimaan dalam bentuk tunai dan kredit yang sudah diotorisasi oleh Manager Keuangan dan Akuntansi.
4.      Manager Pemasaran
Bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan sehari-hari dalam memasarkan produksinya. Manager Pemasaran membawahi bagian-bagian:
a.      Bagian Pembelian
Tugas-tugasnya:
1)     Mengadakan pembelian bahan baku.
2)     Memberikan informasi kepada pimpinan tentang perkembangan harga yang dibutuhkan.
b.      Bagian Penjualan
Tugas-tugasnya:
1)     Bertugas dalam penerimaan dan pengiriman order.
c.      Bagian Gudang Jadi
Tugas-tugasnya:
1)     Menyimpan produk yang siap dipasarkan.
2)     Mencatat barang yang masuk dan keluar.
3)     Membuat kartu gudang.
d.      Bagian Promosi
Tugas-tugasnya:
1)     Melakukan promosi atas produk baru perusahaan kepada masyarakat.
2)     Mengunjungi pelanggan untuk menawarkan produk baru perusahaan.
5.      Manager Teknik dan Produksi
Bertanggung jawab atas kelancaran proses produksi dan mutu produksi.

Manager produksi membawahi bagian-bagian:
a.      Bagian Produksi
Tugas-tugasnya:
1)     Mengatur kebutuhan dalambidang produksi.
2)     Bertanggung jawab atas kelancaran produksi.
3)     Membantu bagian akuntansi dalam mensuplai data mengenai perhitungan harga pokok pruduksi.
b.      Bagian Teknik Penunjang
Tugas-tugasnya:
Melakukan pemeliharaan dan raparasi terhadap mesin produksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar